Mahasiswa Teknik Mesin Ciptakan Prototipe Kapal Pemadam Kebakaran dalam Ajang Boat Race Competition Marine Icon 2024 di ITS Surabaya

Minggu, 18 Februari 2024 - 21:43:19 WIB
Dibaca: 238 kali

(Inovasi Kapal Pemadam Kebakaran Di Wilayah Kemaritiman Indonesia)

Boat Race Competition Marine Icon 2024

Pada akhir tahun 2023, mahasiswa teknik mesin dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Agung Setiawan, Niko Dwi Prayoga, dan Irfan Prasetyo, telah berpartisipasi dalam perlombaan prestisius Boat Race Competition Marine Icon di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Mereka menghadirkan inovasi yang mengagumkan dengan desain dan prototipe kapal pemadam kebakaran yang revolusioner, khususnya untuk wilayah kemaritiman Indonesia.

Tim mereka telah menghabiskan 2 bulan untuk merancang, menguji, dan mengembangkan kapal pemadam kebakaran yang efisien dan handal untuk mengatasi kebakaran di perairan. Dengan menggunakan pengetahuan teknik mesin yang mereka pelajari di kampus, mereka berhasil menciptakan kapal yang mampu beroperasi secara optimal di lingkungan laut yang keras dan beragam.

Pada saat lomba, desain mereka berhasil menarik perhatian juri dan peserta lainnya. Mereka juga mampu menjelaskan secara detail dan meyakinkan tentang keunggulan desain dan fitur keselamatan kapal mereka. Meskipun persaingan ketat, semangat dan dedikasi mereka tidak pernah luntur.

Meskipun pada akhirnya tim Agung, Niko, dan Irfan belum berhasil meraih peringkat di kompetisi tersebut. Akan tetapi mereka sudah mengharumkan nama Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, karena telah lolos pada tahapan pembuatan desain dan konsep. Semoga dengan ini juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa teknik mesin lainnya untuk terus berinovasi dan berkarya demi kemajuan teknologi di Indonesia.

Komentar