KONTES ROBOT TERBANG INDONESIA (KRTI) KATEGORI FIXED WING

Kamis, 20 Mei 2021 - 12:11:39 WIB
Dibaca: 33 kali

Kontes Robot Terbang Indonesia 2021 (KRTI 2021) merupakan salah satu kontes robot terbang yang diadakan oleh RISTEKDIKTI Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) dalam rangka meningkatkan daya kreatifitas mahasiswa Indonesia di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta seni (IPTEKS).

Wahana yang akan diperkenalkan oleh tim mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang diberi nama NISELSI UNTAG yang diambil dari singkatan nama latin Elang Jawa yaitu “Nisaetus Bartelsi”, dan UNTAG berasal dari nama perguruan tinggi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Prototype wahana UAV (Unmanned Aerial Vehicle) dengan model sayap delta dipilih sebagai karena sudut sapu sayap ke arah belakang yang cukup besar, semakin besar sudut sapu ke belakang akan memperkecil laju udara tegak lurus terhadap tepi depan sayap, dengan demikian memungkinkan pesawat dapat terbang pada laju tinggi sementara laju atas sayap dari daya angkat pesawat dijaga supaya tetap lebih kecil. Keuntungan lainnya adalah bahwa sudut serang memperbesar tepi depan sayap menghasilkan vorteks yang memberi energi pada aliran, memberi delta sudut stall yang sangat besar. Sayap delta adalah kesederhanaan manufaktur, kekuatan, dan kapasitas bagian dalam substansial untuk bahan bakar atau kelengkapan lain. Karena sayap delta sederhana, dapat dibuat sangat kuat (sekalipun cukup tipis), cukup mudah dan murah untuk dibangun.

Dalam pembuatan prototype wahana UAV (Unmanned Aerial Vehicle) model delta Tim NISELSI Untag melakukan transfer ilmu bersama “Sahabat FPV Komunitas Drone dan Racing Plane” dalam proses desain, komponen permesinan sampai wahana siap terbang. Transfer ilmu tidak berhenti dalam 1 lomba saja, tetapi akan terus dilakukan pengembangan dalam wahana tim Niselsi Untag sampai batas maksimal.

Workshop tim Niselsi Untag melakukan desain sampai wahana siap terbang dilakukan di bengkel mesin yang bersebelahan dengan Laboratorium Motor Bakar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG Surabaya). Tempat tesebut sangat strategis untuk digunakan dalam proses pembuatan rangka, body, sayap, dan susunan elektrikal wahana karena tempat tersebut memiliki alat yang digunakan untuk menganalisis, memodifikasi, dan meriset wahana agar bisa terbang diangkasa. Sehingga, tanpa perlu membawa ke Laboratorium lain untuk menganalisa performa mesin wahana. 

Komentar