Himateta Selenggarakan Seminar Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3)

Selasa, 24 November 2015 - 10:51:34 WIB
Dibaca: 83 kali

Senin (23/11/2015) Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HIMAMETA) Fakultas Teknik UNTAG Surabaya  menyelenggarakan Seminar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) atau Occupational Health and Safety (OHS) di Gedung Graha Wiyata lantai 9, UNTAG Surabaya.

Acara diadakan pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Seminar ini merupakan acara pembuka dari serangkaian acara dalam rangka memperingati Diesnatalis Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HIMAMETA).

I Made Kastiawan.ST.,MT dosen teknik mesin UNTAG Surabaya dan juga pemateri seminar  memaparkan terjadinya kecelakaan karena adanya kondisi 15% dan  85% terjadi karena tindakan yang dilakukan oleh sumber daya manusia, oleh karena itu jangan jadikan K3 sebagai beban melainkan jadikan K3 sebagai kebutuhan. Kebutuhan yang harus dipenuhi dalam melaksanakan tugas operasional perusahaan. Meningkatkan kelamatan dan kesehatan kerja merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan mencegah timbulnya penyakit akibat hubungan kerja.

Komponen dalam proses K3 yakni tenaga kerja, bahan dan alat. Jika tenaga kerja berhubungan dengan alat makan akan timbul keselamatan,  bahan dengan tenaga kerja yang mana tenaga kerja mengunakan bahan sesuia dengan prosedur  maka akan timbul kesehatan pekerja yang diharapkan. Dan jika alat dengan bahan maka yang akan timbul suatu lingkungan perusahaan yang diharapkan. Great perusahaan bisa meningkat salah satunya adalah dengan mempunyai tingkat K3 hingga zero accident. Keadaan zero accident dengan sendirinya  mampu menarik banyak investor bergabung di perusahaan.

Pemateri kedua menyampaikan tentang bagaiamana cara melatih kemampuan soft skill yang disampaikan oleh Ir. Ahmad Zainun, MT saat menyampaikan materinya mengatakan soft skill merupakan kemampuan interaksi sosial di butuhkan untuk sukses. Ada 7 area soft skills untuk menjadikan winning characteristic yang disingkat dengan COLLEGE ( communication skill, organization skill, leadership, logic, effort, group skills, ethics).

“Seminar K3 ini banyak memberikan wawasan tentang bagaimana pentingnya keselamatan, tenaga kerja menjalankan, menerapkan, dan mesosialisasikan  K3 dalam dunia kerja dan manfaat K3, ” kata Khoirul Salamun peserta seminar.

Komentar